Modus Hilangnya Linen Hotel
Opini - Linen hotel itu salah satu asset hotel yang rentan hilang dan digelapkan baik oleh oknum staff, tamu ataupun oknum laundry.
Beberapa Modus hilangnya linen/towel hotel sbb:
Oknum Tamu
Target klipto umumnya bath towel, hand towel dan face towel.
Modusnya:
Saat check out dimasukkan ke koper memanfaatkan lemahnya kordinasi FO dan Housekeeping.
Modus lainnya, meminta extra towel pada saat stay sehingga pada saat pengecekan jumlah towel kotor dikamar sesuai standar, extra towel masuk koper.
Solusinya:
Pastikan permintaan extra towel dicatat di pms agar pada saat check out FO dan HK staff aware akan adanya penambahan towel. Wajib komunikasi FO ke HK untuk check room pada saat tamu check out di counter
Oknum Laundry
Pick Up and Delivery dilakukan pada saat pengambilan linen kotor ataupun pengantaran linen bersih. Pelakunya bisa petugas supir, cuci, spv sampai manager.
Modusnya:
Pencatatan yang tidak sesuai dengan aktual memanfaatkan kelemahan ataupun kemalasan karyawan hotel. Biasanya pelaku menjual atau merentalkan linen/ towel ini
Solusinya:
Pencatatan dan follow up pada saat pick up dan delivery harus dimonitor secara ketat.
Oknum Karyawan
Biasanya memanfaatkan lemahnya kontrol inventory linen.
Solusinya:
Linen/towel inventory wajib dilakukan sebulan sekali. Linen rusak dan hilang dicatat.
Arus linen keluar masuk dimonitor security secara ketat.
Hasil tilepan bisa dipakai sendiri atau dalam skala besar dibisniskan (dijual). (Red/BK)
What's Your Reaction?
-
Like
-
Dislike
-
Funny
-
Angry
-
Sad
-
Wow